Sabtu, 14 September 2013

Macros Pada Microsoft Excel

Pengertian Macros

Macro merupakan kumpulan perintah-perintah yang dirangkai menjadi satu perintah. Sehingga pekerjaan yang berulang-ulang dapat dilakukan secara otomatis dan mudah.

Macro Menggunakan Microsoft Excel
      a. Buka microsoft excel
b. setelah itu muncul halaman microsoft excel.














c. Setelah itu membuat tabel sesuai kebutuhan, seperti contoh:


















d. setelah itu klik developer, dan klik record macro.








e. kemudian muncul kotak dialog macro, maka tulislah nama macro di macroname, dan isilah shortcut key nya. seperti contoh saya memberi nama: "USIA" dan shortcut key "Ctrl+Shift+U". setelah itu klik OK.




f. setelah itu, mulailah untuk merekam perintah-perintah yang kamu inginkan. seperti contoh kita akan mengisi data dikolom USIA, maka kita harus menuliskan rumus. rumus untuk mencari USIA menggunakan rumus "INT". jadi seperti ini:
g. setelah itu tekan enter , maka akan muncul hasil seperti berikut:

h. setelah itu sorotlah hasil tadi ke bawah,sehingga jawaban terekam semua seperti ini.

i. setelah itu kembali ke Developer, dan klik stop recording.

j. setelah itu delete hasil data USIA tadi.

k. setelah itu simpanlah data itu, dengan cara klik Office Button,dan pilih Save As, setelah itu pilih Macro Excel Enabled Workbook.

l. setelah itu tuliskan nama datanya,dan klik save.
m. kemudian tutuplah halaman microsoft excel ini. kemudian bukalah kembali untuk melihat hasil macro yang sudah direkam tadi. bukalah data yang disetting tadi. kemudian tekan tombol "Ctrl+Shift+U" karena tadi sudah mengatur shortcut key seperti itu. alhasil akan muncul hasil data dikolom USIA. dengan begitu berarti percobaan macromu telah berhasil.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar